POLIGAMI DALAM METODE TAFSIR AL-QUR’AN MUHAMMAD SHAHROUR

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi oleh keinginan kuat untuk mempublikasikan masterpiece seorang mufasir kontroversial dari Suriah yang menawarkan pembacaan baru terhadap Al-Qur’an bernama Muhammad Syahrur. Dalam tafsirnya terhadap Al-Qur’an, Syahrur telah mengundang berbagai polemik dan respon-respon yang tidak jarang bernada negatif. Syahrur bukanlah satu-satunya mufasir modern-kontemporer anti maenstreem, terdapat juga mufasir lain seperti Muhammad Arkoun. Namun menarik untuk dicatat adalah metodologi tafsir Al-Qur’an Syahrur  gunakan untuk membaca isu-isu perempuan yang masih terus-menerus diperdebatan sampai hari ini yaitu isu poligami. Hasil tulisan ini adalah Pembacaan Syahrur terhadap Al-Qur’an sedikit banyak dipengaruhi oleh setting sosial di mana ia hidup. Terutama pergumulannya dengan dengan teman sekaligus guru bernama ‘’Ja’far Dakk al-Bab. Semenjak itu Syahrur mulai mendalami Al-Qur’an. Muhammad Syahrur memandang salah satu problem terbesar dalam penafsiran Al-Qur’an adalah problem aplikasi metodologi penafsiran. Konsep kunci pemikiaran Syahrur adalah teori tentang Hudud. Teori ini terutama dipakai untuk membaca persoalan-persoalan hukum yang terdapat dalam ajaran Islam khususnya isu poligami memiliki pemahaman yang unik dibandingkan dengan ulama-ulama terdahulu. This paper is motivated by a strong desire to publish a masterpiece of a controversial commentator from Syria who offers a new reading of the Qur'an named Muhammad Syahrur. In his commentary on the Qur'an, Syahrur has invited various polemics and responses that are often negative in tone. Shahrour is not the only modern-contemporary anti-maenstreem commentator, there are also other commentators such as Muham-mad Arkoun. However, it is interesting to note that the methodology of Al-Qur'an Syahrur exegesis uses to read women's issues which are still being debated to this day, namely the issue of polygamy. The result of this paper is that Syahrur recitation of the Al-Qur'an is more or less influenced by the social setting in which he lives. Especially his struggles with a friend and teacher named Ja'far Dakk al-Bab. Since then Syahrur began to study the Qur'an. Muhammad Syahrur sees that one of the biggest problems in the interpretation of the Qur'an is the problem of the application of the methodology of interpretation. The key concept of Syahrur ‘s thinking is the theory of Hudud. This theory is mainly used to read legal issues contained in Islamic teachings, especially the issue of polygamy, which has a unique understanding compared to previous scholars.