Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VI  pada pembelajaran Matematika materi konsep lingkaran. Faktor-faktor yang menyebabkan hasil belajar Matematika masih rendah salah satunya adalah masih kurangnya penggunaan bahan ajar yang menarik dan menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efektivitas bahan ajar Matematika e-modul interaktif berbasis android untuk meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI Sekolah Dasar di Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes tetulis. Instrumen penelitian berupa tes. Sampel penelitian ini dilakukan dengan purpose sampling. Analisis data meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah bahan ajar Matematika  e-modul interaktif berbasis android cukup efektif  untuk  meningkatkan pemahaman konsep lingkaran kelas VI  tentang konsep lingkaran  dengan nilai t-hitung 30,926  sedangkan t-tabel sebesar 1,9765   maka t-hitung >  t-tabel atau 30.926   >  1,9765.