KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UIN SUMATERA UTARA

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teori uses and gratifications. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh komunikasi interpersonal terhadap penggunaan media sosial di kalangan mahasiswa program studi ilmu komunikasi di UIN Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi ilmu komunikasi UIN Sumatera Utara Stambuk 2018 sebanyak 296 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 10%. Kemudian ditetapkan sampel sebanyak 91 responden. Hasil penelitian ini adalah uji-t dengan 28 item soal dan masing-masing variabel menggunakan 14 item soal. Hasil pertanyaan variabel komunikasi interpersonal dijawab dengan tidak setuju, sedangkan variabel penggunaan media sosial menjawab bahwa penggunaan media sosial Facebook mengarah pada interaksi sosial sedangkan media sosial Instagram mengarah pada informasi. Kata kunci: Komunikasi Interpersonal; Penggunaan media sosial; Facebook; Instagram ABSTRACT       This study uses quantitative methods, with uses and gratifications theory. This study aims to determine whether there is an influence of interpersonal communication on the use of social media among students of the communication science study program at UIN North Sumatra. The population in this study were 296 students of the communication science study program at UIN Sumatera Utara Stambuk 2018 as many as 296 people. The technique used in sampling is using the Slovin formula with a significance level of 10%. Then set a sample of 91 respondents. The results of this study on a t-test with 28 questions and each variable used 14 questions. The results of the interpersonal communication variable questions were answered with disagreement, while the use of social media variables answered that the use of Facebook social media leads to social interaction while Instagram social media leads to information. Keywords: Interpersonal Communication; Use of social media; Facebook; Instagram.