ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran  daring dan kesulitan pembelajaran selama daring yang dialami siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Kuala. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang dilakukan menurut Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses pembelajaran di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kuala selama daring dilakukan sebanyak satu minggu sekali, menggunakan platform Google Classroom dan Google Meet. Pembelajaran tatap muka dilakukan selama 75 menit, dan 30 menit pertama siswa diperintahkan untuk membaca materi yang telah diberikan. Seluruh kelas XI MIPA di gabung untuk memudahkan siswa yang mengalama susah sinyal bisa bergabung dengan temannya. Kesulitan yang dialami siswa yaitu, terkait sarana prasarana, proses belajar daring yang minim penjelasan dan diskusi dengan guru, dan penalaran siswa yang menurun sehingga berdampak kepada minat belajar siswa yang menurun. Kata Kunci: Kesulitan Siswa; Pembelajaran Daring; Matematika   Abstract       The purpose of this study was to find out how the online learning process and online learning difficulties experienced by class XI MIPA 1 students at SMA Negeri 1 Kuala. In this study, data analysis techniques performed according to Miles and Huberman, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions and data collection techniques by interview, observation, and documentation. The online learning process in class XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Kuala is once a week, using the Google Classroom and Google Meet platforms. Face-to-face learning is carried out for 75 minutes, and the first 30 minutes students are instructed to read the material that has been given. The entire XI MIPA class was merged to make it easier for students who had difficulty signaling to join their friends. The difficulties experienced by students are related to infrastructure, online learning processes that lack explanations and discussions with teachers, and decreased student reasoning so that it has an impact on students' decreased interest in learning. Keywords: Student difficulties; Online Learning; Mathematics