PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembuatan video pembelajaran berdasarkan model ADDIE, melihat tingkat kevalidan, dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis video pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan model pengembengan ADDIE dengan 5 tahapan, yaitu analysze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas X IPA-1 SMA Swasta Ira Medan yang berjumlah sebanyak 20 peserta didik. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan oleh dosen ahli media dan ahli materi dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat keefektifan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran berdasarkan ahli media sebesar 82,69% dengan kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 91,67% dengan kategori sangat layak sehingga media pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan untuk tingkat keefektifan berdasarkan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 85% dengan hasil indeks Gain Ternormalisasi 0.34 yang tergolong sedang. Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran; powToon; ADDIE.   Abstract This study aims to see the process of making learning videos based on the ADDIE model, to see the level of validity, and effectiveness of video-based learning media on the material of a three-variable linear equation system. This research includes research and development (research and development). This study uses the ADDIE development model with 5 stages, namely analysis, design, development, implementation, evaluation. The subjects in this study were students in class X IPA-1 SMA Ira Medan, which amounted to 20 students. The instrument in this study used a questionnaire to see the validity of the media expert lecturers and material experts and test student learning outcomes to see the effectiveness of the developed media. The results of this study and the level of validity of the learning media based on media experts is 82.69% with a very feasible category and 91.67% material experts with a very feasible category so that the learning media is said to be valid. Meanwhile, the level of effectiveness based on the percentage of classical learning completeness is 85% with the Normalized Gain index of 0.34 which is classified as moderate. Keywords: Development; Learning media; PowToon; ADDIE.