PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONSTRUKTIVISME

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa berbasis konstruktivisme. Materi ajar yang dimuat dalam bahan ajar ini adalah lingkaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI IPA MAS Al-Kautsar Al-Akbar Medan. Dalam penelitian ini, proses pengembangan lembar kerja siswa menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu tahap pendefinisian,tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Lembar kerja siswa ini mencapai persentase diatas 90% yang mana dalam hal ini dapat dikategorikan sangat valid dan praktis serta dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar pendukung dalam  proses pembelajaran matematika. Kata Kunci: Bahan Ajar, Lembar Kerja Siswa, Konstruktivisme   ABSTRACT     The purpose of this study was to develop teaching materials in the form of constructivism-based student worksheets. The teaching material contained in this teaching material is a circle. The subjects in this study were students of XI IPA MAS Al-Kautsar Al-Akbar Medan. In this study, the process of developing student worksheets used a 4-D development model, namely the definition stage, the design stage, and the development stage. This student worksheet reaches a percentage above 90% which in this case can be categorized as very valid and practical and can be used as one of the supporting teaching materials in the mathematics learning process. Keywords: Teaching Materials, Student Worksheet, Constructivism