PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE DAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Match Mine dan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa pada kelas XI SMK PAB 1 Helvetia. Jenis dari penelitian ini ialah penelitian quasi eksperimen, yang populasinya merupakan seluruh siswa kelas XI SMK PAB 1 Helvetia yang terdiri dari 14 kelas yang berjumlah 395 siswa. Kemudian sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara cluster random sampling dan yang dijadikan sampel pada penelitian ini berjumlah 56 siswa yang terdiri dari kelas XI TKR-1 dan XI TKR-2 yang masing-masing terdiri dari 28 siswa. Instrument tes yang digunakan ialah tes berbentuk uraian. Untuk analisis data peneliti mengenakan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1)Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; 2)Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan nilai; 3)Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Match Mine dan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa; 4)Terdapat interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Kemampuan Berpikir Matematis.   ABSTRACT      This study aims to determine whether there is an effect of the Match Mine Learning Model and the Two Stay Two Stray Learning Model on the ability to understand concepts and mathematical creative thinking of students in class XI SMK PAB 1 Helvetia. The type of this research is a quasi-experimental research, whose population is all students of class XI SMK PAB 1 Helvetia which consists of 14 classes totaling 395 students. Then the sample used by the researcher in this study was obtained by cluster random sampling and the sample in this study amounted to 56 students consisting of class XI TKR-1 and XI TKR-2, each of which consisted of 28 students. The test instrument used is a test in the form of a description. For data analysis, researchers used analysis of variance (ANAVA). These findings indicate: 1) There are differences in the effect of the Match Mine type cooperative learning model and the TSTS type cooperative learning model on students' mathematical concept understanding abilities; 2) There are differences in the effect of the Match Mine type cooperative learning model and the TSTS type cooperative learning model on students' mathematical creative thinking abilities with grades; 3) There are differences in the effect of the Match Mine type cooperative learning model and the TSTS type cooperative learning model on the ability to understand concepts and students' mathematical creative thinking skills; 4) There is an interaction between the learning model on the ability to understand concepts and students' mathematical creative thinking skills. Keywords : Match Mine Type Cooperative Learning Model; Cooperative Learning Model Type Two Stay Two Stray; Ability to Understand Mathematical Concepts; Mathematical Thinking Ability.