KONSEP PEMIKIRAN MENGENAI KEBIJAKAN BIDANG PENDIDIKAN
Abstract
Kebijakan dalam bidang pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah atau pihak yang berwenang tentu berperan penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkualitas. Kebijakan tersebut haruslah tepat sasaran sehingga dapat secara efektif dan maksimal dalam implementasinya. Dalam penentuan kebijakan tersebut, analisis kebijakan pendidikan berperan dalam menentukan arah dan memberikan petunjuk bagi para pembuat kebijakan agar kebijakan pendidikan yang dicipatakan membawa perubahan baik terhadap kualitas dan mutu pendidikan. Maka dari hal tersebutlah, penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait konsep analisi kebiajakan pendidikan berupa pengertiannya, urgensi, karateristik, fungsi dan metodelogi dalam analisis kebijakan pendidikan. Penelitian ini mengguankan metode library research yang hasil dari penelitian ini adalah pemaparan materi tarkait konsep analisis kebiajakan pendidikan dari menganalisis dan menyatukan berbagai sumber referensi terkait.