Implementasi Kebijakan Penerapan Sistem Poin Dalam Mengurangi Pelanggaran Siswa SD Al Ma’soem Bandung

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem poin dalam menyelesaikan siswa yang melanggar tata tertib di SD Al Ma’soem Bandung. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif  metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat tingkatan yang meliputi pemberitahuan, teguran, peringatan dan hukuman dalam penerapan sistem poin di SD Al Ma’soem Bandung berlaku dalam bentuk yang berbeda. Pada tahap pengumuman, sosialisasi pada saat MOS (Masa Orientasi Siswa), pembagian surat edaran sistem poin, gambar dan publikasi peraturan di setiap kelas. Ada peringatan langsung dan peringatan tidak langsung pada tahap peringatan. Ada peringatan lisan dan tertulis selama fase peringatan. Pada tahap punishment, pihak sekolah melakukan penghentian kegiatan, kunjungan rumah dan pengembalian kepada orang tua. Penerapan kebijakan ini memberikan dampak yang berbeda pada setiap siswa yang melanggar peraturan, namun berdasarkan observasi dan wawancara dengan informan (siswa), kebijakan ini memberikan efek jera kepada siswa untuk tidak melanggarnya lagi.