PERBANDINGAN ANTARA METODE ICE BREAKING DENGAN COMPARASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI MI AL-KHAIRIYAH SINAR BATEN TALANGPADANG
Abstract
Abstract This study aims to determine the effect of ice breaking use on student motivation and find out the comparison between the ice breaking method with the comparison of learning motivation in class III MI Al-khairiyah Sinar Banten Talangpadang students. The research method used is a quantitative method and the sample in this study was class III A and class III B MI Al-Khairiyah Sinar Banten which was divided into two, namely the experimental class and the control class. The total number of samples of this study were 68 students, consisting of 34 experimental class students and 34 control classes. Instrument The type of research used is one sample research t test consisting of the experimental class and the control class, with the experimental class of the research used is motivation learning questionnaire and observation of learning motivation. The giving of learning motivation questionnaire after giving treatment then the acquisition of value will be compared with the class without giving (control) the results are tested through one sample t test. From the calculation results, the average value of the experimental class is 44.12 and the control class is 29.45 with the sig experimental class 0,000 and the control class 0.05, H0 is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that there is the influence of the application of the ice breaking method when learning takes place to increase the learning motivation of class III students of MI Al-Khairiyah Sinar Banten Talangpadang. Keywords: Ice Breaking, Increased Motivation To Learn Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ice breaking terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui perbandingan antara metode ice breaking dengan comparasi terhadap motivasi belajar pada siswa kelas III MI Al-khairiyah Sinar Banten Talangpadang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A dan kelas III B MI Al-Khairiyah Sinar Banten yang terbagi menjadi dua, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah total sampel penelitian ini adalah 68 siswa, yang terdiri dari 34 siswa kelas eksperimen dan 34 kelas kontrol. Instrument Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian one sampel t test yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan kelas eksperimen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan observasi motivasi belajar. Pemberian angket motivasi belajar sesudah memberikan perlakuan senlanjutnya perolehan nilai akan dibandingkan dengan kelas yang tanpa pemberian (kontrol) hasilnya diuji melalui one sampel t test. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata hitung kelas eksperimen sebesar 44,12 dan kelas kontrol sebesar 29,45 dengan sig kelas eksperimen 0,000 dan kelas kontrol 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan metode ice breaking saat pembelajaran berlangsung terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas III MI Al-Khairiyah Sinar Banten Talangpadang. Kata-Kata Kunci: Ice Breaker, Motivasi Belajar