PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL (Social Skill) DI MAN DARUSSALAM CIAMIS

Abstract

Abstract This study aims to determine the curriculum planner in improving social skills (social skills), the implementation of curriculum in improving social skills (social skill), the form of curriculum evaluation so far in improving social skills (especially skill) in the skills lessons held in MAN Darussalam Ciamis. This study is a qualitative descriptive analytic study of data collection is done by data collection techniques documentation, observation, and in-depth interviews (In depth interview). To analyze the data, this study uses inductive data analysis with an inductive approach opening the possibility to perform discovery or discovery. The results of this study show that: (1) Planning of curriculum in improving social skill (social skill) in MAN Darussalam Ciamis implemented by way of compilation of vision, mission, and purpose of education, education calendar, curriculum structure. (2) The implementation of curriculum in improving social skills in MAN Darussalam Ciamis covers the implementation of programmed activities consisting of: religious, social, bilingual program. (3) The form of evaluation of curriculum in improving social skill (social skill) in MAN Darussalam Ciamis, is carried out with two stages: writing test and individual practice test. With held the examinations were able to improve the social skills of learners because in addition to getting the material also directly practice with the tools of existing skills. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaa kurikulum dalam meningkatkan keterampilan social (social skill), pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan sosial (social skill), bentuk evaluasi kurikulum selama ini dalam meningkatkan keterampilan sosial (social skill) khususnya dalam pelajaran keterampilan yang di selenggarakan di MAN Darussalam Ciamis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif analitik pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengumpulan data dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam (In depth interview). Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis data induktif dengan pendekatan induktif membuka kemungkinan untuk melakukan penemuan atau discovery. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan sosial (social skill) di MAN Darussalam Ciamis dilaksanakan dengan cara penyusunan visi, misi, dan tujuan pendidikan, kalender pendidikan, struktur kurikulum. (2) Pelaksanaan kurikulum dalam meningkatkan keterampilan sosial (social skill) di MAN Darussalam Ciamis meliputi pelaksanaan kegiatan terprogram yang terdiri dari: program keagamaan, social, bilingual. (3) Bentuk evaluasi kurikulum dalam meningkatkan keterampilan sosial (social skill) di MAN Darussalam Ciamis ini, di laksanakan dengan dua tahap yaitu: ujian tulis dan ujian praktik secara individu. Dengan diadakan ujianujian tersebut ternyata mampu meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kerena selain mendapatkan materi juga langsung mempraktikan dengan alat-alat keterampilan yang ada. Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Keterampilan Sosial (social skill)