IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP PGRI 1 PULAUPANGGUNG, KABUPATEN TANGGAMUS.
Abstract
Abstract This research is used to study Learning Curriculum Management in Improving Education Quality in SMP PGRI 1 Pulaupanggung, describing the implementation of management learning curriculum in order to improve the quality of education in SMP PGRI 1 Pulaupanggung, Tanggamus District. The results show that a) .The curriculum planning at SMP PGRI 1 Pulaupanggung is based on the previous evaluation results and the planning of future targets and programs compiled by the principal with all subordinate staff. b) .The organizing of the curriculum includes dividing the teaching tasks for teachers according to their respective areas of expertise, striving for teachers to teach 5 days a week, schedule remedial activities, conduct lessons and try out, schedule an extra curricular curriculum, teaching for teachers about science and technology, and arranging a schedule of teacher meetings in turns. c) .The curriculum implementation includes early learning activities, learning methods, learning media, end activities of learning. d). The curriculum evaluation is using the form of evaluation of cognitive aspects, affective aspects and psychomotor aspects. Abstrak Penelitian ini digunanakan untuk mengkaji mengenai Manajemen Kurikulum Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP PGRI 1 Pulaupanggung, mendeskripsikan tentang implementasi manajamen kurikulum pembelajaran agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMP PGRI 1 Pulaupanggung, Kabupaten Tanggamus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a).Perencanaan kurikulum di SMP PGRI 1 Pulaupanggung ini berdasarkan pada hasil evaluasi sebelumnya dan perencanaan target dan program kedepan yang disusun oleh kepala sekolah dengan seluruh staf bawahannya. b).Pengorganisasian kurikulum meliputi membagi tugas mengajar bagi guru sesuai dengan bidang keahlian masing-masing, mengupayakan agar guru mengajar 5 hari dalam 1 minggu, menyususn jadwal kegiatan perbaikan/remidi, mengadakan les dan try out, menyususn jadwal kegiaatn ektra kurikuler, menyusun jadwal pengajaran bagi guru tentang IPTEK, dan menyusun jadwal pertemuan guru-guru secara bergiliran.c).Pelaksanaan kurikulum meliputi kegiatan awal pembelajaran,Metode pembelajaran, Media pembelajaran, kegiatan akhir pembelajaran. d). Evaluasi kurikulum yaitu menggunakan bentuk evaluasi aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Kata Kunci : Kurikulum Pembelajaran, Mutu Pendidikan, Kabupaten Tanggamus