IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN TERHADAP KONSEP DIRI DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA SEMESTER VIII SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN AISYAH PRINGSEWU
Abstract
Abstract A professional health worker can be established through an educational process. Students and education are two inseparable things. The quality of students can be seen from the academic achievement he achieved. Academic achievement is a change in behavioral skills or abilities that can increase over time that is not due to the growth process, but the existence of learning situations. So it is seen as proof of effort obtained by students. The number of samples in this study was 47 people. The results showed that. Most of the respondents who have self-concept in positive category are 31 respondents (65,9%), where there are 26 respondents (83,9%) got good academic achievement, and 5 respondents (16,1%) got poor academic achievement , And only 16 respondents (34.1%) have negative self concept, where as many as 7 respondents (43.8%) got good academic achievement, and as many as 9 respondents (56.2%) got poor academic achievement. Abstrak Tenaga kesehatan yang profesional, dapat dibentuk melalui suatu proses pendidikan dan manajemen pembelajaran. Mahasiswa dan pendidikan merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Kualitas mahasiswa dapat dilihat dari prestasi akademik yang diraihnya. Prestasi akademik merupakan perubahan dalam hal kecakapan tingkah laku ataupun kemampuan yang dapat bertambah selama beberapa waktu yang tidak disebabkan proses pertumbuhan, tetapi adanya situasi belajar. Sehingga dipandang sebagai bukti usaha yang diperoleh mahasiswa.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 47 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa.sebagian besar responden yang memiliki konsep diri dalam kategori positif yaitu sebanyak 31 responden (65,9%), dimana terdapat 26 responden (83,9%) mendapat Prestasi Akademik baik, dan 5 responden (16,1%) mendapat Prestasi Akademik kurang baik, dan hanya 16 responden (34,1%) yang memiliki konsep diri negatif, dimana sebanyak 7 responden (43,8%) mendapat Prestasi Akademik baik, dan sebanyak 9 responden (56,2%) mendapat Prestasi Akademik kurang baik. Kata kunci: Manajemen Konsep Diri, Prestasi Mahasiswa