KEEFEKTIFAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA SALSABILA 7 BAKALAN

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini bahwa peserta didik di RA Salsabila 7 Bakalan kurang terstimulasi potensi membaca permulaan. Selain itu, penggunaan alat peraga yang kurang variatif, sehingga anak kurang tertarik dan termotivasi dalam kemampuan membaca permulaan. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan media flip chart untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Salsabila 7 Bakalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan antara anak yang diajarkan dengan media flip chart dan yang tidak diajarkan dengan media flip chart, serta mengetahui bagaimana keefektifan media flip chart untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Salsabila 7 Bakalan Pendowoharjo Sewon Bantul. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen. Subjek yang digunakan adalah peserta didik RA Salsabila 7 Bakalan usia 5-6 tahun berjumlah 12 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya perbedaan kemampuan membaca permulaan antara peserta didik yang diajarkan menggunakan media Flip Chart dan yang tidak diajarkan dengan media Flip Chart dengan hasil tingkat signifikansi (p = 0,003) 0,05. 2) Penggunaan media flip chart terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan bukti hasilpeningkatan belajar peserta didik pada kelompok eksperimen lebih tinggi sebesar 10,17 atau 56,5% dan kelompok kontrol sebesar 3,67 atau 33,36%. Kata kunci: media flip chart; kemampuan membaca permulaan