PENGEMBANGAN MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP SISWA MAN 2 PADANGSIDIMPUAN

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk berupa modul pembelajaran matematika. Materi ajar yang diberikan peneliti adalah Trigonometri untuk siswa Kelas X MA/SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa X-MIA MAN 2 Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini, proses pengembangan modul matematika mengacu pada model pengembangan ADDIE yang telah diubah menjadi ADDI, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap implementasi. Modul pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini berdasarkan nilai rata-rata ahli materi 4,73 dan ahli media 4,56 yang memenuhi kategori sangat baik, penilaian guru 4,63 dalam kategori sangat baik, dan respon siswa  4,02 dalam kategori baik. Modul pembelajaran ini memenuhi persyaratan efektivitas dan dapat digunakan selama proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Discovery Learning.   ABSTRACT   The purpose of this research is to develop a product in the form of a mathematics learning module. The teaching material given by the researcher is Trigonometry for Class X MA/SMA students. The subjects in this study were students of X-MIA MAN 2 Padangsidimpuan. In this study, the process of developing the mathematics module refers to the ADDIE development model which has been converted into ADDI, namely the analysis stage, design stage, development stage and implementation stage. The learning module developed in this study was based on the average score of 4.73 material experts and 4.56 media experts who met the very good category, the teacher's assessment was 4.63 in the very good category, and student responses were 4.02 in the good category. This learning module meets the requirements of effectiveness and can be used during the learning process. Keywords : Learning module, Discovery Learning.