PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Think Pair Share (TPS) di kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif, analisis data menggunakan kuantitatif atau statistik. Alat pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Populasi penelitian 194 siswa dan sampel berjumlah 48 siswa dengan rincian dari kelas X IIS 1 24 siswa dan dari kelas X IIS 2 24 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni cluster random sampling. Sedangkan teknik analisis data digunakan uji-t yang diawali dengan menghitung rata-rata, menghitung standar deviasi, uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Temuan penelitian khusus ditemukan perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Tipe Think Pair Share (TPS) hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen A dan B. Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen A 87,83 dan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen B 81,3. Berdasarkan nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen A dan B dipandang telah memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sesuai dengan standar yang telah ditetapkan sekolah sebesar 75. Dari hasil penelitian ini bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).   Kata-kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Number Head Together (NHT), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)