PENGARUH METODE RECIPROCAL TEACHING DAN METODE QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHMATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATERI TRIGONOMETRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reciprocal teaching dan metode quantum teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan pemahaman konsep materi trigonometri kelas X SMA Al Washliyah Tanjung Morawa Tahun pelajaran 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa yang juga dijadikan sampel pada penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh signifikan metode reciprocal teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri 2) Terdapat pengaruh signifikan metode quantum teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi trigonometri. Kata-Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Quantum Teaching, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Pemahaman Konsep.