Pengembangan Media Pop-Up pada Materi Puisi untuk Siswa Kelas VIII SMP
Abstract
Artikel ini membahas pengembangan media Pop-Up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP. Tujuan dari artikel ini yaitu memaparkan tentang; (1) proses pengembangan media Pop-Up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP; dan (2) kelayakan media Pop-Up pada materi puisi untuk siswa kelas VIII SMP. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan model Thiagarajan atau 4D. Subjek penelitian terdiri dua orang validator ahli media, dan materi bahasa Indonesia. Objek penelitian yaitu media Pop-Up untuk materi puisi di kelas VIII SMP. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu: lembar angket validator, dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif rumus persentase rerata skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan berbentuk media Pop-Up pada materi puisi. Media Pop-Up pada materi puisi yang dikembangkan terbukti sangat layak untuk digunakan oleh siswa kelas VIII untuk tingkat SMP/MTs sederajat. Penelitian ini merekomendasikan guru untuk menggunakan media Pop-Up dan juga menyarankan agar mengembangkan media yang sesuai dengan karakteristik materi pelajaran.