Memperkenalkan Budaya Literasi Melalui Kegiatan Membaca Puisi Berbahasa Inggris
Abstract
Literasi secara umum bermakna kemampuan baca-tulis. Kemampuan ini biasanya diperoleh dari proses belajar dan latihan secara berkesinambungan. Literasi tidak secara mudah diperoleh oleh berbagai kalangan, terutama oleh kaum marginal. Keterbatasan ekonomi yang dialami oleh kaum marginal ini berimbas pada minimnya minat baca dan tulis sehingga kemampuan literasi pun tidak maksimal. Hal ini juga terjadi pada kurangnya akses mereka pada literasi bahasa asing terutama ketrampilan berbahasa Inggris. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memperkenalkan budaya literasi melalui kegiatan pembacaan puisi berbahasa Inggris kepada anak-anak di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kolong Jembatan Ciputat. Anak-anak didorong untuk terekspos budaya literasi bahasa Inggris melalui kegiatan pembacaan puisi. Dengan penyelenggaraan pengabdian ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan literasi anak, khususnya terhadap bahasa inggris sehingga pada saat yang sama akan memotivasi para siswa untuk lebih semangat belajar dan mempelajari bahasa Inggris. Diharapkan ilmu yang diperoleh dari kegiatan kepada masyarakat ini akan mampu memberikan spirit baru mereka menyadari sehingga mereka semakin semangat untuk belajar belajar dan belajar.