PENGARUH FLUKTUASI HARGA EMAS DAN PROMOSI TERHADAP MINAT NASABAH DALAM PRODUK CICIL EMAS PADA PEGADAIAN SYARIAH PASAR BARU INDRAMAYU
Abstract
Harga dan promosi adalah bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dari marketing mix. Pemasaran tanpa memiliki strategi harga yang mampu bersaing, akan memberikan dampak buruk terhadap produk. Sedangkan, promosi sangat penting untuk menarik minat konsumen. Emas merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang dan merupakan salahsatu bentuk investasi yang minim resiko. Cara mendapatkan eams bisa dengan membeli ataupun juga dengan cicilan. Fakta di lapangan, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui produk cicil emas. Sehingga dibutuhkan adanya kegiatan promosi khususnya di lembaga keuangan yang memiliki produk cicil emas, salah satunya adalah pegadaian. Dengan adanya kegiatan promosi maka diharapkan minat masyarakat untuk berinvestasi akan timbul dan tumbuh yang akan berdampak pada peningkatan investasi emas di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fluktuasi harga emas dan promosi terhadap minat nasabah. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Minat Produk Cicil Emas. Variabel independen yakni Fluktuasi Harga Emas dan Promosi. Populasi dalam berjumlah 127 nasabah. Dengan jumlah sampel 57 nasabah. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrument penelitian, analisis data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji pengaruh individual dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 26. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel fluktuasi harga emas secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap minat nasabah. Variabel promosi secara parsial memiliki pengaruh positif terhadap minat nasabah. Secara simultan variabel fluktuasi harga emas dan promosi berpengaruh terhadap minat nasabah. Nilai kontribusi sebesar 38,8%.