Stimulasi Bermain Peran Bagi Keterlambatan Bicara Pada Anak Usia 3 Tahun

Abstract

Perkembanganbahasamerupakanbagianpentingbagianakusiadini. Bahasa merupakansaranakomunikasidancaraanakuntukmengekspresikandiri. Keterlambatankemampuanberbicaraanakakanmenghambataspektingkatpencapaianperkembangananak. Tingkat pencapaian perkembangan menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan dapat dicapai anak pada rentang waktu tertentu.Penelitianinibertujuanuntukmenganalisacaramengatasiketerlambatanbicarapadaanakusia 3 tahunmelaluistimulasi kegiatan main peran yang dilakukan di Safa Preschool Yogyakarta.Metode yang dilakukandalampenelitianiniadalahdenganmelalukanwawancaradanobservasi. Dengan stimulasi lebih dini diharapkan kemampuan bicara dan bahasa pada anak lebih optimal.