Pemilihan Strategi Sebagai Alternatif Solusi Permasalahan Pembelajaran Berbasis Daring
Abstract
The aim of this study is to provide alternative solutions to online-based learning problems by selecting the best strategies for students, parents, and teachers. This study uses qualitative methods supported by data collection techniques and other supporting data in the form of observations and interviews. This study contains the results of choosing a strategy that needs to consider three things, including the ability to think of students, the ability of parents to support online-based learning, and access to areas where students live. By considering these three things, strategies that can be chosen as alternative solutions are independent learning strategies, problem-based learning, and e-learning strategies. The selection of one of the strategies to be used needs to consider the above expectations to be able to take the best solution.Tujuan dari penelitian ini bermaksud untuk memberikan alternatif solusi dari permasalahan pembelajaran berbasis daring dengan cara memillih strategi terbaik bagi siswa, orang tua, dan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif didukung dengan teknik pengumpulan data serta data pendukung lain berupa pengamatan dan wawancara. Penelitian ini memuat hasil yaitu dalam memilih suatu strategi perlu mempertimbangkan tiga hal, diantaranya: kemampuan berpikir peserta didik, kemampuan orang tua dalam menunjang pembelajaran berbasis daring, serta akses daerah yang menjadi tempat tinggal siswa. Dengan mempertimbangkan ketiga hal tersebut strategi yang dapat dipilih sebagai alternatif solusi adalah strategi pembelajaran mandiri, pembelajaran berbasis masalah, dan strategi e-learning. Pemilihan pada salah satu strategi yang akan digunakan perlu mempertimbangkan ketoga hal di atas untuk dapat mengambil solusi terbaik.