Penerapan Pemasaran Syariah dalam meningkatkan Penjualan di PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon” Tahun 2020

Abstract

This research is a type of field research which is qualitative in nature. Primary data in this study were obtained from sales data from 2018-2020 at PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City. Meanwhile, secondary data is obtained from various reference sources, both from books, journals, articles and so on. The data collection methods used were questionnaires, interviews, analysis, documents and observations. Meanwhile, in analyzing the data, the researcher used qualitative data analysis techniques. The results showed that the marketing strategy carried out by PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City by using promotional media, advertisements on social media that can attract buyers. Besides that, it also serves consumers who walk in directly to dealers well, this has affected sales at PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City. Many families have used Honda products with durable engines. While the obstacles in the marketing of PT. Sumber Rejeki Jabar Cirebon City is the lack of a marketing team. Stock units are limited, discounts are not full, competition between dealers, stock in warehouses has not been smooth due to the pandemic period, besides that there are not many dealer branches, so consumers are quite difficult when it comes to related dealers. ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari data penjualan dari tahun 2018-2020 pada PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari berbagai sumber referensi, baik dari buku, jurnal, artikel dan lain sebagainya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, telaah, dokumen dan observasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon dengan menggunakan media promosi, iklan-iklan di media sosial yang dapat menarik pembeli. Selain itu juga melayani konsumen yang walk in langsung ke dealler dengan baik, hal tersebut sudah mempengaruhi penjualan di PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon. Sudah banyak keluarga yang menggunakan produk honda yang mesinnya awet. Sedangkan kendala dalam pemasaran PT. Sumber Rejeki Jabar Kota Cirebon adalah kurangnya tim marketing. Stock unit terbatas, diskon tidak full, persaingan antar dealler, stock di gudang belum lancar karena masa pandemi, selain itu kurang banyaknya cabang dealer, sehingga konsumen cukup sulit ketika harus ke dealler terkait.