Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Secara Online

Abstract

The development of technology allows humans to do various things easily and practically. This encourages humans to be able to do various things at the same time. Not only does time become efficient, but the communication relationship is maintained even though it is a long distance. It is not only the social value that has been facilitated, but from an economic point of view, especially trade, that has been made easier. The seller only needs to be at the house or shop and the buyer doesn't need to come to the shop. This interaction via the internet is where the online shopping model occurs. The increasing demand online has resulted in the emergence of many online shopping service provider applications or what we usually call e-commerce. In e-commerce, sellers and buyers interact to sell and buy products and services. One thing that is interesting is how consumers make decisions to buy a product even though the product is not actually just an image. This is a curiosity to research further. In this research, the researcher conducted an investigation by conducting observations, interviews, and theoretically exploring the students of IAI Bunga Bangsa Cirebon Islamic Economics Study Program, semester 3. The results obtained were that on average they shop online at Shopee compared to other e-commerce. The products that consumers often buy in online shopping are fashion and shoes. The main reasons consumers buy goods online are low prices, practicality, and time efficiency. Abstrak Perkembangan teknologi memungkinkan manusia melakukan berbagai hal secara mudah dan praktis. Hal tersebut mendorong manusia mampu melakukan berbagai hal dalam waktu yang bersamaan. Tak hanya waktu yang menajadi efesien namun hubungan secara komunikasi tetap terjaga meski dalam jarak yang jauh. Bukan hanya pada nilai sosial yang dipermudahkan, namun pada segi ekonomi terutama perdagangan pun dipermudahkan. Penjual hanya cukup berada di rumah atau toko dan pembeli pun tidak perlu datang ke toko. Interaksi melalui internet inilah model pembelanjaan online terjadi. Semakin tingginya permintaan secara online mengakibatkan banyaknya bermunculan aplikasi penyedia jasa belanja secara online atau yang biasa kita sebut dengan ecommerce. Di ecommerce inilah penjual dan pembeli berinteraksi untuk menjual dan membeli produk dan jasa. Satu hal yang menarik adalah bagaimana konsumen membuat keputusan untuk membeli suatu produk padahal produk tersebut tidak secara nyata hanya dalam bentuk gambar. Inilah yang menjadi keingintahuan untuk meneliti lebih jauh. Dalam penelitian ini yang dilakukan oleh peneliti adalah mencari tahu dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan menggali secara teori pada mahasiswa IAI Bunga Bangsa Cirebon Prodi Ekonomi Syariah semester 3. Hasil yang di dapat adalah rerata mereka berbelanja online di Shopee dibandingkan dengan ecommerce yang lain. Adapun produk yang sering dibeli oleh konsumen di belanja secara online adalah fashion dan sepatu. Alasan utama konsumen membeli barang secara online adalah harga yang murah, praktis, dan efesiensi waktu.