MINAT NASABAH TERHADAP ASURANSI JIWA BERBASIS SYARI’AH DI PT. ASURANSI JIWA GENERALI INDONESIA CABANG CIREBON

Abstract

This study is motivated by the results of preliminary observations about the considerable interest of customers/people who choose sharia insurance products which are driven by many factors, while various groups are concerned about the halalness of sharia insurance products. This study aims to determine the factors that influence customer interest in choosing shariah life insurance at PT. Generali Indonesia Life Insurance Cirebon Branch. This study uses qualitative research with descriptive methods with data collection techniques using interview techniques (interviews) and documentation. Furthermore, the conclusions obtained from this study are 1) Customer response to the shariah insurance program at PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia Cirebon Branch can be seen from the enthusiasm of customers in choosing the shariah products offered by the company. Most of the customers choose the Term Life-PLAN 99 Shariah (Life Protection) product. 2) Factors influence customer interest in choosing shariah insurance at PT. Generali Indonesia Life Insurance Cirebon Branch, including the following; (a) There is a Shariah Supervisory Board in the company. (b) The principle developed is mutual help. (c) The shariah insurance system is more detailed than conventional ones. (d) Profit and profit-sharing system through mutual agreement between the customer and the company. 3) The dominant factors that influence customer interest in choosing Islamic insurance at PT. Generali Indonesia Life Insurance Cirebon Branch due to the existence of the Sharia Advisory Board in the company. Abstrak Kajiannya dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal tentang cukup besarnya minat nasabah/masyarakat yang memilih produk asuransi syari'ah yang didorong oleh banyak faktor sementara berbagai kalangan memandang ragu akan kehalalan secara syari'ah dari produk asuransi syari'ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah untuk memilih asuransi jiwa syari’ah di PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia Cabang Cirebon. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deksriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik interview (wawancara) dan dokumentasi. Selanjutnya kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Respon nasabah terhadap program asuransi syari’ah di PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia Cabang Cirebon terlihat dari antusias nasabah dalam memilih produk-produk syari'ah yang ditawarkan oleh perusahaan. Sebagian besar para nasabah memilih produk Term Life-PLAN 99 Syari'ah (Perlindungan Jiwa). 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah untuk memilih asuransi syari’ah pada PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia Cabang Cirebon di antaranya adalah sebagai berikut; a) Terdapat Dewan Pengawas Syari'ah di dalam perusahaan. b) Prinsip yang dikembangkan adalah saling tolong-menolong. c) Sistem asuransi syari'ah lebih detail dibandingkan yang konvensional. d) Sistem keuntungan dan bagi hasil melalui kesepakatan bersama antara nasabah dan pihak perusahaan. 3) Faktor dominan yang mempengaruhi minat nasabah untuk memilih asuransi syari’ah di PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia Cabang Cirebon adalah karena adanya Dewan Pertimbangan Syari'ah di dalam perusahaan.