Atribut Produk Syariah Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah
Abstract
The development of sharia banking is more modern, based on islam and the many types of product, features anda other service facilities does not automatically become islamic banking as a solution to banking transactions and services that are expected by all levels of society, it is inseparable from the weaknesses that still lack of satisfaction level felt by customers. As for the research objectives, among other: 1) Information on product attributes sharia banking offices at PT. Bank bjb syariah in Tangerang City. 2) Influence of product attributes on the level of satisfaction at PT. Bank bjb syariah in Tangerang City. 3) Know the relationship between product attributes on the level of satisfaction of islamic banking customers at PT. Bank bjb syariah in Tangerang City. While the research method in the preparation of the thesis is a quantitative method by collecting data in the from of observations, questionnaires, documentation and literature studies, in this study using a sample as a respondent as many 251 respondents with a population of 671 customers. Based test of ANOVA or F count on can F count was 59,303, obtained SS Regresi=444,092 SS Residual=1864,657 MS Regresi=444,092 MS Residual=7.489,Sig Value <0,05, then H0 is rejected. This means that influences of product attributes (X1), Quality of Service (X2) & Office Network (X3) to the level of customer satisfaction (Y) PT. Bank Jabar Banten Syariah in Tangerang City. Keywords : Product Attribute; Customer Satisfaction; Syariah Banking Abstrak Berkembangnya perbankan syariah yang semakin modern, berasaskan Islam dan telah banyaknya berbagai macam produk, fitur dan fasilitas layanan lainnya tidak secara otomatis menjadi perbankan syariah sebagai solusi atas transaksi dan pelayanan perbankan yang diharapkan oleh seluruh lapisan masyarakat, hal tersebut tidak terlepas dari adanya kelemahan sehingga masih kurangnya tingkat kepuasan yang dirasakan nasabah. Adapun tujuan penelitian ini antara lain: 1) Informasi atribut produk perbankan syariah pada PT. bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. 2) Pengaruh atribut produk terhadap tingkat kepuasan nasabah perbankan syariah pada PT. bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. 3) Mengetahui hubungan antara atribut produk terhadap tingkat kepuasan nasabah perbankan syariah pada PT. bank bjb syariah di Kotamadya Tangerang. Sedangkan metode penelitan dalam penyusunan tesis ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebagai respondensinya sebanyak 251 responden dengan populasi 671 nasabah. Dari uji ANOVA atau Fhitung , didapat F hitung adalah 59,303 diperoleh SS Regresi=444,092 SS Residual=1864,657 MS Regresi=444,092 MS Residual=7.489 dan Nilai Sig < 0,05 maka H0 ditolak. Artinya Terdapat pengaruh Atribut Produk (X) terhadap Tingkat kepuasan nasabah (Y) PT. Bank bjb Syariah di Kotamadya Tangerang. Kata Kunci : Atribut Produk; Kepuasaan Nasabah; Perbankan Syariah