Transaksi Online Shop dapat Meningkatkan Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen dalam Perspektif Islam

Abstract

The purpose of this research is to know the legal review of online transactions at the Cheap Jilbab Wholesale Online Shop, to know the sales strategy, and to know the supporting and inhibiting factors and their solutions. The methodology in this study uses a qualitative research methodology. The technique used is the bottom-up technique and the nature of the research is descriptive-analytic. The data used are primary data and secondary data. The data collection methods used were observation, interview, documentation, and triangulation methods. Data processing techniques using descriptive data analysis techniques. The results showed that the Cheap Jilbab Wholesale Online Shop provides good service for consumers because they have used the Shopee application as transaction security between sellers and buyers so that buyers feel safe in transactions and give khiyar rights to customers if there is an order error. This shows that the Cheap Hijab Wholesale Online Store gives trust in the sale and purchase agreement to the customer. Friendly, comfortable, and fast response services are always sought for customer satisfaction. Buying and selling transactions at Cheap Hijab Wholesale Online Stores apply business ethics in Islam, carry out responsibility towards customers by giving khiyar rights to customers. The obstacles experienced by the Cheap Hijab Wholesale Online Store include the accuracy factor both from the Cheap Hijab Wholesale Online Shop and the customer. So it can be concluded that the shopee as a third party has increased trust in customers in online transactions, especially the Cheap Jilbab Wholesale Online Shop provides khiyar rights and speed in responding to customer comments. Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tinjauan hukum transaksi online pada Toko Online Grosiran Jilbab Murah, mengetahui strategi penjualan dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat serta solusinya. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif teknik yang digunakan adalah teknik bottom-up dan sifat penelitian adalah deskriptif analitik. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Toko Online Grosiran Jilbab Murah memberikan pelayanan yang baik untuk konsumen karena telah menggunakan aplikasi shopee sebagai pengaman transaksi antara penjual dan pembeli agar pembeli merasa aman dalam bertransaksi dan memberikan hak khiyar terhadap customernya apabila ada kesalahan pemesanan. Menunjukan bahwa Toko Online Grosiran Jilbab Murah memberikan trust dalam akad jual belinya kepada customer Pelayanan yang ramah, nyaman dan penanggapan yang cepat selalu diupayakan untuk kepuasan customer. Transaksi jual beli pada Toko Online Grosiran Jilbab Murah menerapkan etika bisnis dalam Islam, melaksanakan tanggung jawab terhadap customer dengan memberikan hak khiyar kepada customer. Hambatan yang dialami Toko Online Grosiran Jilbab Murah diantaranya faktor ketelitian baik dari pihak Toko Online Grosiran Jilbab Murah maupun customer. Jadi dapat disimpulkan bahwa shopee sebagai pihak ketiga telah menaikan trust pada customer dalam transaksi online terlebih Toko Online Grosiran Jilbab Murah memberikan hak khiyar dan kecepatan dalam menanggapi komentar customer.