Analisis E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan El-Ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam

Abstract

This study is intended to determine whether E-Commerce supports the increase in income. Data on product sales, what are the things that support and spend E-Commerce in increasing revenue in El-ma'wa Craft By Rajut Preneur Cirebon. In this research, the research method used is a qualitative method with descriptive studies. Qualitative research is a type of research that produces findings that cannot be achieved using statistical procedures or other methods of quantification. This method seeks to present data and facts about E-commerce in increasing the income of El-Ma'wa Craft By Rajut Preneur Cirebon, by means of observation, in-depth interviews, documentation and triangulation. Subjects studied were Owner El-ma'wa Craft. Based on the results of the study, it was found that each online trade has different types of E-commerce including how to order its products all depending on the merchant (seller). El-Ma'wa Craft has experienced a 70% increase in buyers and El-Ma'wa Craft has also increased revenue since using E-commerce. El-ma'wa Craft incorporates the principles of Islamic business ethics in online trading. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah E-Commerce berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan. Data tentang penjualan produk, hal-hal apa saja yang menjadi pendukung dan kendala pemasaran E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan di El-ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai (diperoleh) dengan menggunakan prosedur-prosedur statistic atau cara-cara lain dari kuantifikasi (pengukuran). Metode ini berusaha untuk menyajikan data dan fakta-fakta tentang E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan El-ma’wa Craft By Rajut Preneur Cirebon, dengan cara observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan triangulasi. Subjek yang diteliti yaitu Owner El-ma’wa Craft. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Setiap perdagangan online memiliki jenis E-commerce yang berbeda-beda termasuk dalam cara pemesanan produknya semua bergantung pada Merchant (si penjual). El-Ma’wa Craft mengalami peningkatan pembeli 70% dan El-ma’wa Craft juga mengalami peningkatan pendapatan sejak menggunakan E-Commerce. El-ma’wa Craft memasukkan prinsip etika bisnis islam dalam perdagangan online.