Hubungan Self Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cilegon Dan Implikasi Bagi Program Bimbingan Dan Konseling

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui hubungan self efficacy dengan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam meningkatkan motivasi dalam meraih prestasi siswa kelas XI MIPA dan XI IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian ini adalah 186 siswa dari 349 siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cilegon. Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa seseorang dengan self efficacy rendah menganggap dirinya tidak mampu mengerjakan segala sesuatu yang ada disekitarnya. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrument berupa angket. Dari hasil uji hipotesis korelasi Product Moment diketahui koefisien Product Moment (rₓₗy) antara Self Efficacy (X) dengan Motivasi Berprestasi (Y) kemudian dilihat dengan r tabel atau melihat P-value berdasarkan perhitungan program SPSS for windows 20.0, maka hasil nilai korelasi r hitung sebesar -0,094 lebih kecil dari koefisien r tabel sebesar 0,227 pada taraf signifikasi 5% atau P-value lebih besar dari 0,05. Dengan demikian, terdapat hubungan yang positif antara Self Efficacy dengan Motivasi Berprestasi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Cilegon Tahun Ajaran 2019/2020.