Pengaruh Metode Iqra Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Usia Prasekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan baca tulis metode iqra terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an anak usia prasekolah di TK Al-Qur’an Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data melalui software SPSS versi 22. Jumlah populasi anak sebanyak 52 orang dan peneliti mengambil total keseluruhan populasi sebagai sampel. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Dan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima dengan menggunakan uji parsial dan uji simultan. Besar pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y ialah 24,9% dengan nilai persamaan regresi Y = -24,846 + 1,285 X yang mana menunjukan arah pengaruh yang positif