Pengaruh Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu

Abstract

The role of parents provides motivation and support to students in the form of moral support and material support. Support is very important given to students because it has a great influence on student achievement. The objectives to be achieved in this study are: (1) To find out the support of parents of students in Islamic Religious Education subjects for student achievement; (2) To determine learning achievement after the support of parents; (3) To find out how much influence the support of parents on student achievement in class VIII Sindang Indramayu State Junior High School. In this study using quantitative research. To obtain valid data, the authors use data collection techniques such as observation, interviews and questionnaires. The results of his research are: (1) Parental support for learning achievement to get an average value of the results of the questionnaire is 54.36 (good enough); (2) Student achievement in Islamic Religious Education subjects in class VIII Sindang Indramayu State Junior High School shows an average value of 74.4 (good); (3) The results of the calculation of the Product Moment correlation formula which gets a result of 0.63 (good). To prove the hypothesis test, then testing of tcount and ttable, where tcount is 3.878 and ttable with db 23 and a significance level of 5%, obtained a value of 2.069 which shows that Ho is rejected and Ha is accepted because tcount> ttable. Keywords : Influence; Parental Support; Learning acvhievement. Abstrak Peranan orang tua memberikan motivasi dan dukungan kepada siswa berupa dukungan moril maupun dukungan materil. Dukungan sangat penting diberikan kepada siswa karena memiliki pengaruh yang besar terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui dukungan orang tua siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar siswa; (2) Untuk mengetahui prestasi belajar setelah adanya dukungan dari orang tua; (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dukungan orang tua terhadap prestasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Untuk memperoleh data yang valid, penulis menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara dan angket. Adapun hasil penelitiannya yaitu: (1) Dukungan orang tua terhadap prestasi belajar mendapatkan nilai rata-rata dari hasil angket adalah 54,36 (cukup baik); (2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu menunjukan nilai rata-rata 74.4 (baik); (3) Hasil perhitungan rumus korelasi Product Moment yang mendapat hasil 0,63 (baik). Untuk membuktikan pengujian hipotesa, maka dilakukan pengujian terhadap thitung dan ttabel, dimana thitungnya adalah 3,878 dan ttabel dengan db 23 dan taraf signifikansinya 5% diperoleh angka sebesar 2,069 yang menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena thitung > ttabel. Kata kunci: Pengaruh; Dukungan Orang tua; Prestasi Belajar