Nilai-Nilai Pendidikan dalam Al-Qur’an (Kajian Surah An-Nahl)
Abstract
Education in Islam is currently experiencing a crisis of Islamic values which has led to decline. Educational observers have analyzed several causes of the decline, including life material that does not refer to its main source, the occurrence of social and cultural crises, the loss of good role models, correct faith, and Islamic values. to the Koran. One of the surahs that can be used as an answer to these various problems is surah An-Nahl. Based on the background of the problem above, the authors conducted research with the aim, 1). What is the values of education contained in the story of An-Nahl surah? And, 2). What is the relevance values of education in the story of An-Nahl surah based on education now? This research uses qualitative method, with usescience approach to the interpretation of patterns analytical interpretation (analytical) which was used Holy Al-Qur’an and tafsir book.The results showed that: 1). There are some values of Islamic education in story of An-Nahl surah in the Holy Al-Qur’an, they are: Aqidah value likes: confidence to Allah swt, confidence to angel, confidence to holi books, confidence to messenger, confidence to day after and confidenceto qodho and qodhar. Syari‟ah value likes: responsibility, good job, halal foods, and akhlak value likes: say no to bad job, lie and the other. And, 2). A story of An-Nahl surah has relevance with education with education today. This story has education and model actually to world education today. Therefore, this story more important for actualized in the living for moslems, with it a moslem have good the intellectual dimension, intellegience, spiritual and good attitude. Abstrak Pendidikan dalam Islam saat ini sangat mengalami krisis nilai Islami yang menyebabkan kemunduran. Para pemerhati pendidikan telah menganalisis beberapa sebab terjadinya kemunduran tersebut, antara lain adalah materi kehidupan yang kurang merujuk kesumber utamanya, terjadinya krisis sosial dan krisis budaya, hilangnya teladan yang baik, akidah yang benar, dan nilai-nilai islami Dalam menghadapi semua problem tersebut harus kembali kepada Al-Qur’an. Salah satu surah yang bisa dijadikan sebagai jawaban dari berbagai masalah tersebut adalah surah An-Nahl. Berdasarkan latarbelakang masalah diatas penulis melakukan penelitian dengan tujuan: 1). Apa saja nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur’an surah An-Nahl? 2). Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Al-Qur’an surah An-Nahl dengan pendidikan yang sekarang? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bercorak studi pustaka dengan menggunakan pendekatan tafsir tematik. Adapun yang menjadi sumbernya adalah Al-Qur’an dan kitab tafsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Dalam Al-Qur’an surah An-Nahl terdapat nilai-nilai pendidikan akidah meliputi iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada Rasul, dan iman kepada hari kiamat. Nilai-nilai pendidikan syari’ah meliputi nilai ketaatan, amal saleh dan makan yang halal lagi baik. Dan nilai-nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak mahmudah yakni adil, ihsan, memberi bantuan, menepati janji, syukur, dan sabar, dan akhlak mazmumah meliputi larangan berbuat keji, mungkar, permusuhan dan melanggar sumpah. 2). Nilai-nilai pendidikan dalam Al-Qur’an surah An-Nahl memiliki relevansi dengan pendidikan sekarang ini. Oleh karena itu, nilai-nilai pendidikan dalam surah An-Nahl menjadi lini penting diterapkan dalam pendidikan yang sekarang dengan harapan dapat mencetak generasi yang memiliki akidah yang kuat, ibadah yang berkelanjutan dan akhlak yang mulia.