Efektifitas Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di SD Islam Ar-Rahmat Weragati Majalengka

Abstract

The rapid progress of the school in this modern era, so every school always innovates learning so that students do not feel bored and fed up in class, so that student learning outcomes are low. This study aims to find out how much the difference in student learning outcomes by using CTL Learning and those who do not use Contextual Teaching and Learning (CTL) learning in mathematics class III at SD Islam Ar-Rahmat Weragati. This research is a type of quantitative research using experimental methods. Data collection techniques using observation and tests to get the difference between those using and not learning CTL. This study is a population research study, because it took all students in class III at SDI Ar-Rahmat as a sample with 33 subjects. The research data collected were analyzed using the normality test, homogeneity test and t-test. The application of Contextual Teaching and Learning (CTL) learning is expected to provide added value for students in school. The results of this study indicate that there are significant differences between student learning outcomes by using Contextual Teaching and Learning (CTL) learning compared to student learning outcomes using the Group Investigation learning model in grade III Islamic Ar-Rahmat Majalengka Elementary School. Keywords: Effectiveness; Contextual Teaching and Learning (CTL); Learning Outcomes. Abstrak Pesatnya kemajuan sekolah di era modern ini, maka setiap sekolah selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa bosan dan jenuh dalam kelas, sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa dengan mengunakan Pembelajaran CTL dan yang tidak mengunakan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran matematika kelas III di SD Islam Ar-Rahmat Weragati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes untuk mendapatkan perbedaan antara yang menggunakan dengan yang tidak pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian populasi, karena mengambil seluruh siswa kelas III di SDI Ar-Rahmat sebagai sampel dengan jumlah subyek 33 orang. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t-test. Penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi siswa di sekolah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation di kelas III SD Islam Ar-Rahmat Majalengka. Kata Kunci: Efektivitas; Contextual Teaching and Learning (CTL); Hasil Belajar.