PENGARUH TUNJANGAN PROFESI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI DI KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON
Abstract
Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja guru adalah dengan memberikan Tunjangan Profesi Guru sebagai realisasi dari program sertifikasi bagi guru dan dosen. Dengan adanya Tunjangan Profesi Guru diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas guru dan motivasi kerja sebagai seorang pendidik. Karena bagi guru dan dosen yang sudah mempunyai sertifikat pendidik, pemerintah memberikan dana Tunjangan Profesi Guru setiap bulan yang besarnya sama dengan satu bulan gaji. Dengan kesejahteraan dan ekonomi yang meningkat, diharapkan dapat meningkat pula motivasi kerja dan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji 1) hubungan Tunjangan Profesi Guru dengan Motivasi Kerja, 2) pengaruh Tunjangan Profesi Guru terhadap Kinerja Guru, 3) pengaruh Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru, 4) pengaruh Tunjangan Profesi Guru dan Motivasi Kerja secara bersama-sama terhadap Kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket atau kuesioner dan menggunakan random sampling sebanyak 66 sampel. Pengolahan data menggunakan analisis korelasi, regresi, dan analisis jalur dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Tunjangan Profesi Guru dengan Motivasi Kerja 0,029 < 0,05, Tunjangan Profesi Guru berpengaruh terhadap Kinerja Guru sebesar 1,18% , Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Kinerja Guru sebesar 76,04%, Tunjangan Profesi Guru dan Motivasi Kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon sebesar 72%.