MANAJEMEN PROGRAM PEMBIASAAN TAHSIN Al QURAN DI PONDOK PESANTREN TAHSINUL AL QURAN DESA DANAMULYA PLUMBON CIREBON
Abstract
Pendidikan Al quran berbasis masjid sampai saat ini menjadi salah satu pilar pendidikan Al quran di Indonesia. Bahkan secara nasional digerakkan melalui program Gerakan Maghrib Mengaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil program tahsin Al qur’an di Pondok pesantren Tahsinul Al Quran desa Danamulya Plumbon Cirebon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Ditinjau dari metode penelitian, penelitian ini menggunakan studi kasus. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut; perencanaan program tahsin qur’an telah berjalan dengan baik. Keenam aspek perencanaan telah dilakukan dengan baik, hanya pada aspek infrastruktur yang belum lengkap dan silabus belum 100% disusun. Namun pada dasarnya dengan usia lembaga yang baru menginjak ditahun ketujuh persiapan ini telah matang dilakukan; pelaksanaan program tahsin qur’an telah berjalan dengan baik. Indikator-indikator tentang pelaksanaan program yang menyangkut adanya tujuan yang jelas, metode dan alat yang ada, bahan ajar, dan evaluasi telah berjalan dengan baik. Evaluasi juga telah berbasis kompetensi dengan prinsip go or not go; hasil dari pelaksanaan program tahsin qur’an telah berjalan dengan baik, relevan dengan prinsip TQM yang mengutamakan prinsip quality is first.