EVALUASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA
Abstract
Ada empat komponen evaluasi yakni; 1) Evaluasi Context (konteks) yang secara keseluruhan sudah cukup maksimal, hal ini dilihat dari perencanaan, tujuan dan kesiapan sarana dan prasarana yang digunakan untuk kegiatan pramuka. 2) Evaluasi Input (masukan) yang mana ektrakurikuler pramuka di MTs Al-Ishlah Panambangan Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon di ikuti oleh siswa kelas VII yang berjumlah 93 siswa. 3) Evaluasi Process (pelaksanaan) dimana kegiatan pramuka rutin dilaksanakan setiap hari jumat dengan materi, permainan yang sangat sesuai dengan kepanduan dan kegiatan yang dilaksanakan tahunan adalah perkemahan. 4) Evaluasi Product (hasil) dapat dilihat dari perubahan sikap dan juga pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pramuka yang cukup besar dampaknya sesuai dengan besarnya prosentase mengenai dampak kegiatan pramuka yang mana siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung kedalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebagai salah satu media untuk meningkatkan dan mengembangkan karakter siswa di MTs Al-Ishlah Panambangan Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.Teknik analisis data menggunakan teknik trianggulasi data.