STRATEGI PENINGKATAN MUTU MADRASAH MELALUI MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DI MI SWASTA AL WASLIYAH SUMBER
Abstract
Peningkatanmutulembaga Pendidikan dasaryaitu Madrasah Ibtidayah (MI) tidakdapatdilepaskandenganupayapeningkatanmutupesertadidik. Upayapeningkatanpendidikanmutupendidikantidakakanmemenuhisasaran yang diharapkantanpadimulaidenganpeningkatanmutupesertadidik. Mutuadalahsebuahperubahan yang memerlukanjangkapanjang. Oleh Karena ituuntukmewujudkansebuahlembagapendidikan yang bermutudiawalidaripeningkatankualitassumberdayanya,kususnyatenagapendidik yang memegangperananpentingdalammembentukpesertadidikyang bermutu. Dalammewujudkanpendidikan yang bermutumemerlukanrencana-rencanastrategi. MI Al WasliyahSumbermerupakansekolah/Madrasah yang menerapkanstrategiuntukmenigkatkanmutupendidikan.Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Wasliyah Sumber,(2) Bagaimana implentasi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Wasliyah sumber (3) Bagaimana evaluasi Kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Al Wasliyah Sumber. PenelitianinimenggunakanpendekatanKualitatif,mengambillokasi di MI Al wasliyahsumberKabupatenCirebon.Metodepengumpulan data dilakukandengan (1) Wawancara (2) Observasi (3) Dokumentasi. Analisis data menggunakan model reduksi data penyajian data dan penarikankesimpulan,sedangkanpemeriksaankeabsahan data dilakukandenganperpanjangwaktupenelitian dan pengamatan. Kesimpulan yang diperolehadalahpeningkatanmutupendidikandasar/MI diawalidarikomitmenkepalasekolahdalammeningkatkanmutupendidikan,diikutidenganpeningkatansumberdaya guru dan tenagakependidikan, sarana dan prasarana dan manejemenkepalasekolah.PenerapanStategidalammeningkatkanmutupendidikanmemerlukanketerlibatanseluruhelemenorganisasi,mulaidarikepalasekolah,guru,karyawanataustaf,bahkanpihakpihakeksternalsepertiotangtuawali,siswa,pemerintah,masyarakat dan steakholder.