EVALUASI PROGRAM KEAGAMAAN SEBAGAI MILEU PEMBENTUKAN AKHLAK TERPUJI TERHDAP SESAMA SISWA DI MA MANBAUL HUDA CISAMBENG-MAJALENGKA
Abstract
Penelitian ini mengkaji evaluasi terhadap program pembiasaan keagamaan kaitannya dengan pembentukan akhlak terpuji di kalangan siswa terhadap sesama. Penelitian ini menjadi penting karena keunikan sekolah dalam membangun akhkal siswa yaitu melalui program pembiasaan. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana keberhasilan program tersebut dalam membentuk akhlak terpuji siswa di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan yang bersifat evaluatif. Dengan menggunakan model evaluasi program CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi untuk menilai siswa oleh guru serta penilaian diri oleh siswa. Objek penelitian yang dilibatkan adalah 5 orang guru dan 86 orang siswa. Hasil penelitian ditemukan bahwa program pembiasaan keagamaan di MA Manba'ul Huda Cisambeng telah menunjukan keberhasilannya dalam membentuk akhlak terpuji siswa terhadap sesama. Keberhasilan ini tidak lepas dari faktor-faktor pendukung seperti kejelasan dalam merancang kegiatan, kualitas input program yang memadai serta adanya proses pelaksanaan kegiatan yang terkendali dan termonitoring.