PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK KANAK AMPERA KOTA CIREBON

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan kognitif anak di taman kanak kanak Ampera kota Cirebon. Penelitian dilakukan dengan latar belakang masih rendahnya kemampuan kognitif anak seperti belum sepenuhnya mengetahui bentuk lambang bilangan dan anak belum sempurna dalam penulisan lambang bilangan dalam hal ini masih banyak yang terbalik.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, proses dan hasil kegiatan menarik garis, menghubungkan jumalah gambar dan angka untuk peningkatan kemampuan kognitif anak di taman kanak kanak Ampera kota Cirebon ini.Pengembangan kognitif dalam pengenalan konsep bilangan dan lambang bilangan dengan tujuan agar anak mengetahui bentuk lambang bilangan dengan cara memberikan kegiatan konsep matematika sederhana melalui kegiatan menghubungkan jumlah gambar dengan lambang bilangannya dengan cara ditarik garis, menghitung jumlah gambar dang dilingkari angkanya,menghitung jumalh gambar dan ditulis angkanya dan bermain kartu angka. Dengan kegiatan konsep matematika sederhana tersebut diharapkan anak mempunyai kesiapan dalam mengikuti pembelajaran matematika yang sesungguhnya disaast kelak anak berada di jenjang pendidikan dasar.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan terhadap enam orang anak. Dengan teknik pengumpulan data melalui uji coba, test dan observasi atau pengamatan.dengan menggunakan instrumen penelitian berbentuk Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), lembar kerja anak sebagai pedoman test dan lembar observasi. Analisis data dilakukan melalui analisis hasil pembelajaran.Hasil pembelajaran melalui kegiatan menghubungkan jumlah gambar dengan lambang bilangannya dengan cara menarik garis di taman kanak kanak Ampera mengalami peningkatan hal ini diketahui dari hasil penelitian dimana pada siklus I mencapai 52%, kemudian meningkat di siklus II menjadi 67 % dan pada siklus ke III kemampuan anak pada kemampuan kogniti meningkat menjadi 86%..Hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan menghubungkan jumlah gambar dengan lambang bilangannya dengan cara ditarik garis, menghitung jumlah gambar dang dilingkari angkanya,menghitung jumalh gambar dan ditulis angkanya dan bermain kartu angka berpengaruh nyata terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak di taman kanak kanak Ampera kota Cirebon. Abstract : This research is conducted with the purpose to know the efforts on raising the cognitive ability of the children at Taman Kanak-Kanak Ampera Kota Cirebon (Ampera Kindergarten in Cirebon). The research is to be done due to the fact that there is still a low cognitive ability on the children, such as being unable to completely know the form of number symbols and the apparent room for improvement in writing such symbols. The formulation of the problem in this research is how the planning, the process and the result from drawing line activity, connect the number of pictures and numbers to the effort on raising the cognitive abilty on children enrolled in Taman Kanak-Kanak Ampera Kota Cirebon. This cognitive development on the introduction of numbers concept and numbers symbol has the purpose of making the children knowing such numbers symbols through an mathematical learning activity on connecting the amount of pictures and the number symbols with the use of a line, counting the number of pictures by circling the numbers, counting the number of the pictures, and writing the numbers down, as well as a numbers card game session. With the mentioned simple mathematical concept activity, it is hoped that the children will be prepared to follow mathematics learning in later time, for example in elementary school. This research uses experimental research through an approach towards six children. With the data collection technique done through trials, tests and observations, complemented by the use of research instrument “Rencana Program Pembelajaran Harian (RPPH), children worksheets as test guideline, and observation sheets. Data analysis will be done with an analysis on the learning outcomes. The learning outcomes result from the activity on connecting the number of pictures to their numbers symbol by drawing a line at Taman Kanak-Kanak Ampera face an improvement, this is known from the research outcomes indicate that Siklus I (1st Cycle) reached 52%, and then a raise in Siklus II (2nd Cycle) with the percentage of 67%, and finally on Siklus III (3rd Cycle) where children’s cognitive ability set the percentage of 86%. It is thus can be concluded that the activity of connecting the number of pictures and their numbers symbol with the use of lines, counting the number of the pictures and circling the numbers, counting the number of pictures and writing the numbers down, as well as a session of numbers cards game have a real impact on the improvement of the cognitive ability of the children at Taman Kanak-Kanak Ampera in Cirebon.