MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROPESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SUMBER

Abstract

Sekolah ini diharapakan akan bisa mencerdaskan anak bangsa salah satunya yaitu dalam mata pelajaran PAI. Namun dalam proses pengimplementasiannya, banyak kendala yang dihadapi oleh guru PAI seperti kondisi geografis daerah yang memiliki pengaruh terhadap karakteristik siswa. Supervisi memiliki peran untuk mengawasi dan juga memberikan sumbangan ide untuk memberikan solusi dalam pemecahan masalah terkait dengan hambatan-hambatan yang terjadi selama proses pemebelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Indikator kompetensi profesional guru PAI SMP di SMPN 2 Sumber adalah (a) Penguasan materi (b) penguasaan standar kompetensi dan kompetensi dasar (c) pengembangan materi pembelajaran (d) melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) sebagai bentuk tindakan reflektif pembelajaran, (e) dan pemamfaatan teknologi dan informasi. Supervisi akademik pengawas PAI yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi professional Guru PAI di SMPN 2 Sumber adalah (a) penyusunan program kepengawasan untuk satu tahun atau satu semester (b) pelaksanaan program kepengawasan dalam bentuk pembinaan dan bimbingan (c) evaluasi untuk menganalisis hambatan dan kendala yang terjadi pada proses pengawasan. Implikasi supervisi akademik pengawas PAI dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI di SMPN 2 Sumber adalah berimplikasi terhadap; (a) peningkatan kompetensi professional guru PAI seperti pada penguasaan materi pelajaran, penguasaan SK dan KD, pengembangan materi pelajaran yang variatif, pengembangan keprofesiolan guru PAI, dan penguasaan teknologi dan informasi.