IMPLIKASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN PEKALIPAN KOTA CIREBON

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui implikasi manajemen berbasis sekolah dan keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ini tergolong sebagai Metode Penelitian Survey. Tempat Penelitian adalah di Sekolah Dasar di Kecamatan Pekalipan 15 SD terbagi 12 SD Negeri dan 3 SD Swasta.Teknik yang akan peneliti gunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah teknik kuesioner atau angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang positif antara Manajemen Berbasis Sekolah di Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon (X1) dengan Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X2). Koefisien korelasinya sebesar 0,636 dengan nilai Sig. 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat korelasi secara signifikan antara manajemen berbasis sekolah dengan keterampilan manajerial kepala sekolah dengan kategori hubungan yang kuat dan bersifat positif. Korelasi Manajemen Berbasis Sekolah (X1) dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar dengan koefisien sebesar 0,640 dengan Sig. 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat korelasi secara signifikan antara manajemen berbasis sekolah dengan kinerja guru dengan kategori hubungan yang kuat dan bersifat positif. Sedangkan Korelasi antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dasar (X2)dengan Kinerja Guru (Y) koefisien korelasinya sebesar 0,570 dengan Sig. 0,000 (<0,05) yang berarti terdapat korelasi secara signifikan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dasar (X2)dengan Kinerja Guru (Y) dengan kategori hubungan yang cukup kuat dan bersifat positif.