IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Abstract

Fokus penelitian ini mengkaji soal implementasi pembelajaran tematik berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas IV SD pada mata pelajaran Matematika tema pengukuran. Penelitian ini berangkat dari adanya upaya guru dalam penerapan CTL sebagai upaya inovasi pembelajaran Matematika di SD Negeri 050763 Kecamatan Gebang. Melalui penelitian ini diharapkan ada temuan baru terkait dengan model implementasi CTL dalam pembelajaran matematika serta efektivitasnya dalam peningkatan mutu pembelajaran Matematika. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analisis terhadap pembelajaran matematika tema pengukuran. Sedangkan instrumen pengumpul data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sebagai informan dalam penelitian ini yaitu guru Matematika dan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran tematik berbasis CTL di SD Negeri 050763 Kecamatan Gebang sudah berjalan sesuai dengan karakteristiknya (7 tahap). Hanya saja dalam tahap penilaian autentik masih belum belum memenuhi kriteria. Penerapan model ini memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang lebih baik bagi anak, dibuktikan dengan nilai yang dicapai sudah melampaui KKM.