Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam Meningkatkan Kuantitas Dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Slawi Kulon Tegal
Abstract
The purpose of this research is to identify the management of the Ananda Mandiri Foundation in increasing the quantity and quality of early childhood education at Integrated PAUD of Ananda Mandiri, Tegal Regency. The focus of this research are 1) How the management of the Ananda Mandiri Foundation in increasing the quantity and quality of early childhood education, 2). What are the supporting and inhibiting factors, 3). How Learning Management and Teaching Content are carried out and provided in Early Childhood Education Services. This Research uses qualitative methods or ethnographic case studies involving participatory observation, interviews, and documentation. Data processing using the methods: 1) Interview, 2). Observation, and 3). Documentation. Analysis method are using data collected and validity checked. The data analyzed by: 1). Data reduction, 2). Presentation of data and 3). Conclusion. The results of this research are: (1) There are 3 general descriptions of the Ananda Mandiri Slawi Tegal Foundation, namely: a). geographic location, b). vision, mission and Foundation goals c). organizational structure. (2). The management of the Ananda Mandiri Foundation in increasing the quantity and quality of early childhood education in Slawi Tegal, are using 2 ways : 1). Quantity, this quantity are divided into: a). Development Based Learning, b). Center Based Learning, c). Learning Model, d). Learning Procedure. 2) Quality. These qualities are divided into: a). Leadership of the Principal, b). Educator / Teacher Learning, c). Student learning , d). Management Administration. (2). Inhibiting and Supporting Factors of the Ananda Mandiri Slawi Tegal Foundation. (3). Learning and teaching content carried out and given in Early Childhood Education in Slawi Kulon Tegal,are : a). Liquid Nature Center, b). Development Center, c). preparation center, d). center of macro and micro role, e). religious center. Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan anak usia dini pada PAUD Terpadu Ananda Mandiri Kabupaten Tegal. Fokus Penelitian ini adalah pada 1) Bagaimana Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan Anak Usia dini, 2). Apa Faktor Pendukung dan Penghambatnya, 3). Bagaimana Manajemen Pembelajaran dan Konten Ajar yang dilakukan serta diberikan di Layanan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau studi kasus-etnografi yang melibatkan observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Proses pengumpulan data ini menggunakan metode : 1) Wawancara, 2). Observasi, dan 3). Dokumentasi. Analisis Data yang terkumpul dan sudah dicek keabsahannya, data yang dianalisis ini dengan cara : 1). Reduksi data, 2). Penyajian data dan 3). Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Gambaran Umum Yayasan Ananda Mandiri Slawi Tegal ini ada 3, yaitu : a). letak geografis, b). visi, misi dan tujuan Yayasan, c). struktur organisasi. (2). Manajemen Yayasan Ananda Mandiri dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas Pendidikan anak usia dini di Slawi Tegal, ada 2 yaitu : 1). Kuantitas, Kuantitas ini dibagi menjadi : a). Pembelajaran Berbasis Perkembangan, b). Pembelajaran Berbasis Sentra, c). Model Pembelajaran, d). Prosedur Pembelajaran. 2) Kualitas. Kualitas ini dibagi menjadi : a). Kepemimpinan Kepala Sekolah, b). Pembelajaran Pendidik/Guru, c). Pembelajaran Peserta didik, d). Administrasi Manajemen. (2). Faktor Penghambat dan Pendukung Yayasan Ananda Mandiri Slawi Tegal. (3). Pembelajaran dan Konten Ajar yang dilakukan serta diberikan di Pendidikan Anak Usia Dini di Slawi Kulon Tegal, adalah sebagai berikut : a). Sentra Alam Cair, b). Sentra Pembangunan, c). sentra persiapan, d). sentra peran makro dan peran mikro, e). sentra agama.