Analisis Profesionalisme dalam Kepemimpinan Pendidikan Berbasis Agama, Filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Abstract

Kepemimpinan adalah kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok. Namun kenyataan di lapangan masih banyak pimpinan lembaga pendidikan yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin pendidikan ini disebabkan karena dalam proses pengangkatannya tidak ada transparansi, rendahnya mental pimpinan lembaga pendidikan yang ditandai dengan kurangnya motivasi dan semangat serta kurangnya disiplin dalam melakukan tugas, dan seringnya datang terlambat serta banyak faktor penghambat lainnya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang mengimplikasikan rendahnya produktivitas kerja kepala sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses, dan output). Penelitian ini merupakan jenis riset kepustakaan (library research) dengan pengumpulan data pustaka, mencatat dan membaca serta mengolah bahan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profesionalisme dalam kepemimpinan pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Berdasarkan penelitian ini, pemimpin harus mempunyai keahlian dibidangnya, pemberian tugas atau wewenang kepada yang tidak berkopenten akan mengakibatkan rusaknya pekerjaan bahkan organisasi yang menaunginya dan profesionalisme adalah sikap yang bijaksana (informend responsiveness) yang harus dilandasi oleh keahlian, kemampuan, teknik dan prosedur yang mantap diiringi sikap kepribadian berbasis agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Dalam pengembangan profesionalisme kepemimpinan pendidikan diperlukan pemantapan kode etik profesi yang dilandasi Agama, filsafat, psikologi dan sosiologi.