Efektivitas Bermain Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Di Kelompok B TK Al-Irsyad Al Islamiyah Ciledug Kabupaten Cirebon

Abstract

The background of this study is based on the problem of low reading ability in children. Improving children's abilities in reading needs to be done by applying letter card media in learning activities so that they are expected to be able to facilitate and improve children's ability to learn to read. The research design used in this study was one-group letter card media with one-group form, pre-test and post-test. This design was used in accordance with the objectives to be achieved, namely to know the improvement in language skills in children's reading activities after the letter card media was applied. Subjects in this study were students in group B of Al Irsyad Al Islamiyah Kindergarten, Ciledug District, Cirebon Regency. The number of students in group B of Al Irsyad Al Islamiyah Kindergarten is 11 children. This research is collaborative between researchers, principals and accompanying classroom teachers. Data is collected through observation and documentation. Analysis of data with ideal score criteria resulted in the reading ability of AL-Irsyad Al-Islamiyah group B TK children in Ciledug Subdistrict, Cirebon District after using letter card media obtained by giving multiple choice tests to 11 students, having average participants' learning outcomes. students amounted to 88.73 and had 100% of respondents categorized well. Keywords: Letter cards; Reading Ability; Chillhod Abstrak Latar belakang penelitian ini berdasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan membaca pada anak. Meningkatkan kemampuan anak dalam membaca perlu dilakukan dengan menerapkan media kartu huruf dalam kegiatan pembelajaran sehingga diharapkan mampu memudahkan dan meningkatkan kemampuan anak dalam belajar membaca. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one-group media kartu huruf dengan bentuk one-goup, pre-test dan post-test. Desain ini digunakan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai yaitu ingin mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa dalam kegiatan membaca anak setelah diterapkan media kartu huruf.Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik di kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK Al Irsyad Al Islamiyah adalah sebanyak 11 anak. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas pendamping. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan kriteria skor ideal dihasilkan bahwa kemampuan membaca anak kelompok B TK AL-Irsyad Al-Islamiyah Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon sesudah menggunakan media kartu huruf yang didapatkan dengan memberikan tes berupa multiple choice terhadap 11 peserta didik, memiliki rata-rata nilai hasil belajar peserta didik sebesar 88,73 dan memiliki 100% responden berkategori baik. Kata Kunci : kartu huruf; kemampuan membaca; Anak usia dini