Efektivitas Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan

Abstract

This study aims to determine the effectiveness of children's independence with the habituation method. This research uses descriptive quantitative. The research location is in early childhood education, Simpangan village, Cikarang Utara district, Bekasi district. The result of this research is that the design of the habituation method is carried out in several steps with a focus on how to accustom early childhood to their respective levels of independence, especially in everyday life. Steps that can be taken in designing the habituation method in increasing the independence of early childhood such as making RPPH that are adjusted to the indicators of independence, then assessed by using observation which is of course supervised by the teacher. The form of habituation method in early childhood is a collection or treatment step (treatment) which is divided into four stages or different forms of treatment. Changes made to early childhood independence use the habituation method. There is an effectiveness of children's independence with the independence method. Abstrak Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas kemandirian anak dengan metode pembiasaan. Penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif. Adapun lokasi penelitian berada di PAUD lingkungan desa Simpangan Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Hasil dari penelitian ini ialah perancangan metode pembiasaan dilakukan dengan beberapa Langkah dengan focus pada bagaimana mebiasakan anak usia dini pada tingkat kemandirian masing-masing, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Langkah yang bisa dilakukan dalam perancangan metode pembiasaan dalam meningkatkan kemandirian anak usia dini seperti membuat RPPH yang disesuaikan dengan indikator kemandirian, kemudian dinilai dengan menggunakan cara observasi yang tentunya diawasi oleh gurunya. Bentuk metode pembiasaan pada anak usia dini merupakan kumpulan atau Langkah perlakuan (treatment) yang terbagi pada empat tahap atau bentuk perlakuan yang berbeda-beda. Terjadinya perubahan yang dilakukan terhadap kemandirian anak usia dini menggunakan metode pembiasaan. Terdapat efektivitas kemandirian anak dengan metode kemandirian.