Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Melalui Penerapan Pada Area Sensorial Anak di Kelompok Bermain Rumah Bintang Jalaksana
Abstract
In the development of linguistic intelligence in children needed the right method to help stimulate their development, one method that can be used is the Montessori method. This study aims to describe the application of the Montessori method in children and to determine the child's linguistic development using the Montessori method in the sensorial area. This research is intended to answer how the application of the Montessori method in improving linguistic intelligence in children.This type of research uses descriptive qualitative research. Data collection techniques used include: interviews, observation, questionnaires, and documents. Data analysis methods used are three stages, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This research was conducted at Kober Rumah Bintang Jalaksana, Jalaksana District, Kuningan District. The number of students in Kober Rumah Bintang Jalaksana is 20 students.The results of research on the application of the Montesori method to improve children's linguistic intelligence at Kober Rumah Bintang in developing the Montessori method include: Respect for Children, Practical life, Child's sensory period, preparing the environment, learning themselves (Inner directed learning), Experiences in children , by using this method children can learn efficiently and can develop rapidly from various aspects both in language, affective, cognitive and motoric. And the linguistic aspects that develop in children at Kober Rumah Bintang are delivered; Can mimic the order of words, can do 2-3 commands in a simple way, can mention the various words and objects in the surrounding environment, can group various types of objects and pictures, can find out various kinds of flavors and sounds, and in development senses can develop properly. This is proven by the results of observations of most students at Kober Rumah Jalaksana fulfilling these aspects. Abstrak Dalam perkembangan kecerdasan linguistik pada anak dibutuhkan metode yang tepat untuk membantu mentsimulasi perkembangannya, salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode Montessori. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Montessori pada anak dan untuk mengetahui perkembangan linguistik anak dengan menggunakan metode Montessori pada area sensorial. Penelitian ini di maksudkan untuk menjawab bagaimana penerapan metode Montessori dalam meningkatkan kecerdasan linguistik pada anak.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi, angket, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Kober Rumah Bintang Jalaksana, Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan. Adapun jumlah murid di Kober Rumah Bintang Jalaksana sebanyak 20 siswa.Hasil penelitian tentang penerapan metode Montesori dalam meningkatkan kecerdasan linguistik anak di Kober Rumah Bintang dalam pembelajaran metode Montessori yang telah berkembang diantaranya adalah : Menghargai Anak, Practical life, Periode sensori motorik anak, mempersiapkan lingkungan, belajar sendiri (Inner directed learning), Pengalaman pada anak, dengan pengunaan metode ini anak-anak dapat belajar dengan efesien dan dapat berkembang pesat dari berbagai aspek baik secara bahasa, afektif, kognitif dan motorik. Dan aspek linguistik yang berkembang pada anak di Kober Rumah Bintang tersebut diantarnya; Dapat menirukan kembali urutan kata, dapat melakukan 2-3 perintah secara sederhana, dapat menyebutkan macam-macam kata dan benda yang ada di lingkungan sekitar, dapat mengelompokkan macam-macam benda dan gambar, dapat mengetahui macam-macam rasa dan bunyi, serta dalam perkembangan indera dapat berkembang dengan baik. Ini di buktikan dengan hasil observasi sebagian besar siswa di Kober Rumah Bintang Jalaksana telah memenuhi aspek-aspek tersebut.