Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19 di Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon

Abstract

The development of literacy in children is closely related to reading and writing skills. This research is motivated by the large number of young children in primary school education who cannot read and write, where when the child is 7 years old, they should understand and understand letters or numbers by reading, counting and writing. Especially in the era of a pandemic like today, children in Kempek villages who are just getting to know the school are experiencing the impact, such as the difficulty of the media to learn face-to-face with the teacher, the lack of reading and coloring books. Literacy development for children in the Covid-19 era can be done through tutoring forums (tutoring) from starting to learn to recognize letters, numbers, hijaiyah letters, drawing and so on, this can help children under 7 years of age to quickly recognize letters and so on. so. This development goal does not have an impact on literacy alone but can foster selfconfidence, love friends, and help others. With the tutoring (tutoring) increased children under the age of 7 who managed to read and write properly and correctly. Abstrak Perkembangan literasi pada anak berkaitan erat dengan kemampuan membaca dan menulis. Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya anak usia dini dalam jenjang pendidikan sekolah dasar yang belum bisa membaca dan menulis, dimana seharusnya ketika anak sudah menginjak usia 7 tahun sudah mengerti dan memahami mengenai huruf atau angka , dengan cara membaca, menghitung dan menulis. Apalagi diera pandemi seperti sekarang ini , anak-anak didesa kempek yang baru mengenal sekolah mengalami dampaknya, seperti susahnya media untuk belajar tatap muka dengan guru, minimnya buku bacaan dan mewarnai. Pengembangan Literasi anak diera covid-19 ini bisa dilakukan melalui forum bimbel (bimbingan belajar) dari mulai belajar mengenal huruf, angka, huruf hijaiyah,menggambar dan lain sebagainya, hal ini dapat membantu anak-anak usia dibawah 7 tahun agar cepat mengenal huruf dan lain sebagainya. Tujuan pengembangan ini tidak berdampak pada literasinya saja, akan tetapi dapat menumbuhkan rasa percaya diri,menyayangi teman, dan membantu sesamanya. Dengan adanya bimbel (bimbingan belajar) dapat meningkatnya anak-anak dibawah usia 7 tahun yang berhasil membaca dan menulis dengan baik dan benar.