MA’HAD Al-JAMI’AH (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam)

Abstract

Tulisan ini akan memfokuskan kajian pada sistem pembelajaran bahasa Arab ma’had al-jami’ah yang selama ini disinyalir sebagai sistem yang efektif dalam pembelajaran bahasa asing karena pembelajaran berlangsung secara alamiah seperti halnya seorang yang belajar bahasa ibunya atau bahasa pertamanya selama sehari penuh bahkan selama kurang lebih 24 jam dan sistem yang integral karena pembelajarannya menyentuh ranah kognitif, afektif dan psikomotorik secara bersamaan. Melalui tulisan ini akan diekplorasi lebih jauh berkenaan dengan sistem pembelajaran bahasa Arab ma’had’ al-jami’ah , seperti pengertian dan asal usul ma’had al-jami’ah, pola, prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab model ma’had al-jami’ah, komponen pendukung pembelajaran bahasa Arab pada sistem ini serta impilkasinya dalam pembinaan kecakapan berbahasa Arab di perguruan tinggi islam dan sisi keunggulan dan kelemahan apa yang terdapat pada sistem ini.