Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yang mempengaruhi kinerja guru salah satunya motivasi kerja dan disipln kerja. Motivasi kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap kinerja. Motivasi kerja juga menjadi kebutuhan yang digunakan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan. Dalam meningkatkan kinerja guru tentunya tidak lepas dari dorongan diri sendiri ataupun dari luar, salah satunya yaitu kepala sekolah sebagai dorongan dari luar. Dan disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang tidak kalah penting dari motivasi kerja. Sehingga disiplin sangat penting bagi pertumbuhan suatu lembaga dan organisasi untuk mendorong para anggotanya memenuhi tuntutan berbagai ketentuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal serta metode penelitian survey yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Simple random sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sample dengan jumlah sampel sebanyak 30 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS Version 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Kata Kunci: Motivasi kerja, Disiplin Kerja, Kinerja guru The purpose of this study was to determine the effect of work motivation and work discipline on teacher performance at Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. This research is motivated by the existence of factors that affect teacher performance, one of which is work motivation and work discipline. Work motivation is one of the factors that affect performance. Work motivation is also a need that someone uses to do a job. In improving teacher performance, of course, it cannot be separated from self or external encouragement, one of which is the principal as encouragement from outside. And work discipline is one factor that is no less important than work motivation. So that discipline is very important for the growth of an institution and organization to encourage its members to meet the demands of various provisions that have been set. This study uses a quantitative approach with causal associative research and survey research methods conducted at Islamic Junior Hight School two Bondowoso. Simple random sampling was used as a sampling technique with a sample size of 30 teachers. Data collection techniques using questionnaires and documen-tation. Data analysis used multiple linear regression analysis with the help of SPSS Version 22 for Windows. The results of this study indicate that there is an influence of work motivation and work discipline on teacher performance at Islamic Junior Hight School two Bondowoso.